Cecap Menu Unik di Flores (Bagian 4)

From: Tempo.co News Site
Posted At: Sunday, October 14, 2012 4:24 PM
Posted To: 3.RESEP
Conversation: Tempo.co News Site
Subject: Cecap Menu Unik di Flores (Bagian 4)

TEMPO.CO, Jakarta – Made in Italy merupakan restoran terkenal di Labuan Bajo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Dalam buku panduan wisata Lonely Planet, rumah makan ini menjadi satu tempat yang paling direkomendasikan. Sedangkan situs Trip Advisor menempatkan Made in Italy di peringkat ketiga dari 11 restoran terkenal di Labuan Bajo.

Waktu berkunjung ke sana, Senin, 1 Oktober 2012, kesan yang saya terima dari Made in Italy memang sangat bagus. Suasana ruang makannya hangat. Apalagi ada dua menu komplimen yang lezat dan gratis. Menambah nilai plus untuk resto ini. (Baca di: Cecap Menu Unik di Tanah Flores (Bagian 3)).

Tapi ada satu yang disesalkan di Made in Italy. Menu utama lama keluar. Perlu waktu hingga 30 menit untuk menatap pilihan makanan tersaji di atas meja. Mungkin karena itu pengelola memberikan menu pembuka secara cuma-cuma.

Setelah perut lapar sabar menanti, calon santapan pun datang. Pasta yang tersaji berwarna hitam mengkilap. Di atasnya tertata beberapa cumi-cumi seukuran ibu jari. Dan pada dasar piring tercecer genangan mentega cair.

Di wadah satu lagi ada gundukan nasi berwarna kecokelatan. Tapi risotto tak diolah dengan penggorengan dan kecap. Menu ini dimasak seperti bubur bersama campuran minyak zaitun, daun basil, dan tomat. Untuk lauk, tersedia irisan ikan kakap merah dan cumi-cumi.

Rona pasta dan nasi risotto sama: berlemak.

Tapi kesan pada mata tak selamanya mirip di lidah. Ketika masuk mulut, pasta kenyal langsung bercampur aroma cumi-cumi nan kencang. Rasanya yummy. Sedangkan lapisan minyak dan mentega pada untaian pasta tak berasa berat atau lengket. Mungkin karena koki menggunakan minyak zaitun yang rendah lemak dan kolesterol.

Di menu nasi, teksturnya tak beda dengan pasta. Empuk, basah, berminyak, tapi tidak berlemak. Kecapannya gurih. Ada asam tomat, manis ikan kakap serta daun basil. Tak ada sesal memesan menu ini.

Untuk kedua menu serta air mineral, Made in Italy memberi harga sekitar Rp 150 ribu. Bukan harga murah. Tapi, uniknya, kedua menu ini bisa dimakan bersamaan. Menjadikan pasta sebagai bagian lauk dari nasi risotto. Sedap.

CORNILA DESYANA

Berita Terpopuler
Cecap Menu Unik di Tanah Flores (Bagian 2)

Hari Terakhir Berburu Batik dan Kuliner di Senayan

Festival Tanah Lot Segera Digelar

Pulau Morotai Akan Dijadikan Cagar Budaya

Bulan Madu di Pulau Kanawa (Bagian 7)

Bulan Madu di Pulau Kanawa (Bagian 5)

Bulan Madu di Pulau Kanawa (Bagian 4)

Cecap Menu Unik di Tanah Flores (Bagian 1)

Read more

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s