Tomat Bisa Mengusir Depresi

From: Tempo.co News Site
Posted At: Friday, December 07, 2012 4:18 PM
Posted To: 3.RESEP
Conversation: Tempo.co News Site
Subject: Tomat Bisa Mengusir Depresi

TEMPO.CO, Jakarta – Mengkonsumsi tomat beberapa kali seminggu ternyata bisa menghalangi peluang terkena depresi, demikian diungkapkan hasil sebuah studi. Para ilmuwan menganalisis catatan kesehatan mental dan kebiasaan diet dari sekitar seribu wanita dan pria berusia 70 tahun atau lebih.

Hasilnya menunjukkan mereka yang mengkonsumsi tomat dua hingga enam kali seminggu ternyata 46 persen lebih cenderung tidak terkena depresi dibandingkan yang hanya mengkonsumsi kurang dari itu.

Hasil studi ini juga menemukan bahwa konsumsi buah lain ternyata tidak memberikan manfaat yang sama. Mengkonsumsi buah-buahan sehat seperti kol, wortel, bawang, dan labu tidak memberikan atau hanya sedikit memberikan efek kesehatan psikologis.

Tomat merupakan buah kaya antioksidan yang diduga bisa melindungi berbagai penyakit. Secara khusus, tomat merupakan sumber lycopene, antioksidan yang membuat warna merah dan terkait dengan penurunan risiko kanker prostat dan serangan jantung.

Sebuah tim peneliti dari Cina dan Jepang yang dipimpin oleh Dr. Kaijun Niu dari Tianjin Medical University di Cina, meneliti laporan awal bahwa lycopene kemungkinan juga memberikan dampak psikologis dan fisik karena menurunkan kadar stres, atau kerusakan pada sel-sel otak.

Tim tersebut menganalisis data kesehatan mental dan kebiasaan diet dari sekitar seribu orang tua di Jepang, baik pria maupun wanita, yang berusia 70 tahun atau lebih. Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Affective Disorders menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi dua hingga enam kali per minggu mengalami penurunan risiko hingga 46 persen. Mengkonsumsi tomat setiap hari bahkan menurunkan risiko depresi hingga 52 persen.

Menurut situs Daily Mail 4 Desember 2012, sekitar 20 persen orang menderita depresi dalam skala tertentu dalam hidup. Yang lebih banyak terkena depresi adalah wanita. Orang berusia lebih berisiko terkena depresi karena dampak dari mood penurunan kesehatan, rasa kehilangan dan kesepian.

Para konsumen di Inggris mengkonsumsi sekitar setengah juta ton per tahun atau sama dengan jumlah 19 pon per orang pertahun. Namun angka itu tetap lebih rendah dibandingkan dengan konsumsi masyarakat di negara-negara Mediterania.

DAILY MAIL | ARBA”IYAH SATRIANI

Berita Lainnya:
Pembatasan Ganjil-Genap Gantikan Sistem 3 in 1?
Bupati Aceng Mangkir dari Pemeriksaan Polisi
Basuki ”Ahok” Tantang DPRD Rapat Terbuka
K-Pop Attack di World Music Awards 2012
Kim Kardashian Jualan Baju di Jakarta

Read more

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s